Tips- Cara Untuk Merawat dan Melindungi Komputer

September 26, 2017
Komputer adalah salah satu inovasi canggihan teknologi masa kini. Keberadaan komputer sangat berarti bagi kita .  Kita akan mendapatkan banyak manfaat (VPN Cepat) apabila komputer kita pergunakan dengan baik, namun tak menutup kemungkinan akan terjadi suatu kerusakan yang disebabkan karena tidak wajarnya cara kita menggunakan dan memperlakukannya.



Akibat dari penggunaan kita yang kurang wajar, komputer akan mengalami kerusakan seperti sering mengalami hang, kinerja lambat, virus, dan kadang mati sendiri.  Apabila komputer mengalami kerusakan kita akan merasa sangatlah rugi, maka dari itu banyak orang yang mengatakan lebih bak mencegah daripada mengobati.

Lalu bagaimana caranya agar komputer dapat bertahan lama terhadap kerusakan? Begini caranya.

Baca juga:

Hindari Hal Ini? Jika Tidak Ingin Laptopmu Cepat Rusak
Tips- Cara Mengatasi Blue Screen Pada Komputer



Lindungi Komputer Menggunakan Firewall

Firewall adalah perangkat yang dapat menjadi dinding pelindung antara komputer dan internet. Lalu apa yang kita dapatkan dari menggunakan firewall ini? firewall berfungsi sebagai alat saring untuk memilah file yanng tentunya akan merugikan kita seperti file-file berbahaya berupa malware, virus ataupun sejenisnya yang kita peroleh dari internet. Firewall kini tersedia di berbagai toko komputer yang siap untuk kita pakai.

Jauhkan dari Benda Bersifat Cair

Seperti halnya benda elektronik lainnya, komputer rentan sekali terhadap benda cair, seperti air, minyak dan lainnya. Apabila komputer kita tersentuh oleh benda cair maka sama dengan benda elektronik lainnya ini akan berpotensi menimbulkan konsleting dan merusak perangkat–perangkat yang terdapat di dalam komputer.

Hindarkan dari Api

Tak perlu penjelasan panjang lebar mengenai hal yang satu ini. api bisa sangat merusak komputer kita. Kita pasti tidak mau ketika api melahap komputer kita dan hanya menyisakan abu untuk kita.

Jauhkan dari Benda yang Memiliki Unsur Magnetik

Benda magnetik akan menimbulkan kerusakan pada harddisk kita. Terlebih lagi mahalnya harga harddisk saat ini akan menimbulkan kita mengalami kerugian apabila mengalami kerusakan disebabkan oleh hal yang sepele semacam ini.

Gunakan Komputer Sewajarnya

Jangan menggunakan komputer dalam waktu yang lama apabila tidak memiliki kepentingan terhadapnya. Apabila kita sering menggunakan komputer dalam waktu yang sangat lama, kinerja komputer akan semakin melemah. Dan disarankan untuk melakukan restart apabila kita menggunakan komputer dalam waktu yang lama, misalnya 10 jam lebih. Cara ini dilakukan bukan tanpa tujuan. Melakukan restart akan menormalkan kembali program-program yang terdapat pada komputer kita.

Matikan Sesuai Prosedur yang Benar

Jangan asal menekan tombol power untuk mematikan komputer, karena ini akan sangat berpotensi menimbulkan kerusakan. Sudah sepantasnya kita melalui prosedur yang benar dalam segala hal apabila tidak ingin mengalami salah bahkan kerusakan. Cara memtikan komputer yang benar yaitu; klik start button lalu klik shutdown.

Gunakan Antivirus

Sebagai langkah pencegahan dari bahaya virus yang tentunya tidak kita inginkan, sebaiknya kita menggunakan program antivirus untuk menangkal serangan program jahat berupa virus yang sangat merusak ini. berbagai pilihan antivirus telah tersedia untuk kita pergunakan. Untuk keamanan tambahan bisa menggunakan VPN Indonesia.

Bersihkan File Sampah

Penumpukan sampah sudah pasti akan menimbulkan sesuatu hal yang tidak baik. Lalu bagaimanakan caranya untuk dapat membersihkan file samapah? Mari kita uraikan langkanya; klik logo windows (start menu) lalu klik pilihan Run, dikolom pencarian tuliskan “cleanmgr” lalu klik Ok atau tekan Enter. Lalu kita tinggal memilih dimana sampah yang akan dibersihkan. Opsi lain kita juga menggunakan aplikasi yang bernama Ccleaner.

Banyak dicari: VPN Gratis


Well, itulah tips- cara untuk merawat dan melindungi komputer. Nah, jika komputermu tidak ingin cepat rusak ada baiknya jika Kamu mengikuti beberapa tips diatas. Semoga bermanfaat ya!

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔