Cara Menyetting DNS Dengan Mudah dan Cepat

November 02, 2017
Cara Menyetting DNS Dengan Mudah dan Cepat  - Domain Name System atau yang biasa disingkat DNS merupakan sistem yang dapat menyimpan suatu informasi mengenai nama host atau nama domain dalam bentuk basis data yang tersebar di jaringan computer dan berfungsi untuk menterjemahkan alamat IP ke nama domain dan sebaliknya. DNS juga dapat digunakan pada aplikasi yang terhubung dengan internet seperti email atau web browser dan juga dapat diterapkan pada intranet atau private network VPN Indonesia. Kelebihan dari penggunaan DNS sendiri adalah tidak perlu menghafal alamat IP dari computer atau situs di internet. Anda hanya tinggal menghafal host name atau domain.
























Baca juga:
Jenis Keamanan Pada Jaringan Wireless
Tips Mempercepat Booting Windows 7
Cara Kerja Firewall dan Pengertiannya

1.Mendaftar Account
Untuk dapat mensetting DNS pada perangkat komputer Anda, sebaiknya Anda melakukan pendaftaran terlebih dahulu pada sebuah account VPN Cepat. Account tersebut akan membantu Anda untuk membuat DNS menjadi lebih mudah dan cepat.

2.Login Account
Setelah Anda mendaftar account di atas dengan benar. Anda dapat langsung melakukan login dengan menggunakan account yang didaftarkan. Anda bisa mendaftar

Baca juga: Fungsi Modem dan Pengertiannya

3.Add Host
Jika Anda sudah melakukan login dengan account yang sudah didaftarkan, tampilan pada layar komputer akan menjadi seperti gambar di bawah ini. Apabila gambar tersebut muncul, pilihlah Add Host untuk melakukan langkah selanjutnya.

4.Masukkan Hostname
Langkah selanjutnya adalah memasukkan hostname sesuai dengan yang Anda inginkan. Sebagai contoh, di bawah ini menggunakan hostname dengan nama dlink-id. Jika sudah sama, masukkanlah alamat IP tersebut ke New IP Address. VPN Gratis Lalu Anda dapat mengklik Save.

5.Host ditambah
Apabila langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, maka selanjutnya host akan ditambah seperti pada tampilan gambar di bawah ini.

6.Setting D-Link Router
Lakukanlah setting D-Link Router. Caranya dengan memasukkan parameter-parameter ke dalam menu DDNS pada D-Link Router yang Anda miliki. Enable DDNS kemudian pilihlah Server Address. Lalu Anda dapat langsung memasukkan hostname yang Anda inginkan seperti pada contoh gambar di bawah ini. Kemudian masukkan username dan password sesuai dengan account Anda, lalu pilih Save Setting.

Baca juga: Cara Menginstall Driver Komputer Dengan Mudah dan Cepat

7.Testing Alamat DDNS
Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah melakukan testing pada alamat DDNS tersebut. Pada contoh di bawah ini dapat di buka menggunakan remote management di router yang digunakan yaitu IR-635 pada port 8000 dan masukkan URLnya, maka akan terbuka login router DIR-635.


DNS dinamis lebih diunggulkan untuk mengakses situs atau laman tertentu yang membutuhkan pengaturan khusus. Seperti situs yang diblokir provider internet, terkena nawala internet positif dan sebagainya.


Well, itulah cara menyetting DNS dengan mudah dan cepat. Semoga artikel ini membantu ya!

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔